Sejarah

Program Studi Kehutanan merupakan salah satu program studi di Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang yang berdiri sejak tanggal 17 Oktober 2014 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, NOMOR 549/E/O/2014.

Kurikulum dan struktur kurikulum dirancang dan dievaluasi berdasarkan masukan dari pemangku kepentingan, kebutuhan masyarakat akan mutu lulusan dan staf dosen Program Studi Kehutanan dengan tetap mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam rangka mengantisipasi tuntutan atau kebutuhan kompetensi di masa mendatang.kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang digunakan dalam proses penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Kehutanan berbasis  Kompetensi output dan mengacu pada  KKNI (Kerangka Kuaifikasi Nasional Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, program studi telah menyususun draft kurikulumnya dan sudah disahkan oleh senat Fakultas Pertanian Undana.

Pedoman Pengelolaan Program Studi Kehutanan tersebut meliputi: Bidang Peminatan, Kurikulum, Laboratorium dan Sumber Daya Manusia.

Bidang Peminatan di Program Studi S1 Kehutanan UNDANA memiliki 3 bidang peminatan/bidang studi/konsentrasi, yang disesuaikan dengan potensi yang telah tersedia, yaitu:

  1. Konservasi Sumber Daya Hutan
  2. Managemen Hutan
  3. Budidaya Hutan