Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Profil/kompetensi Lulusan Program Studi

Secara ringkas standar kompetensi utama yang harus dicapai oleh lulusan Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana yaitu:

  • Memiliki kemampuan manajerial dan mampu merancang alokasi sumber daya hutan, sumber daya manusia dan modal untuk suatu perusahaan serta mampu bekerja sama dengan tim
  • Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan unit usaha kehutanan yang inovatif serta, menciptakan nilai tambah dan berwawasan lingkungan, mengidentifikasi masalah dan mengantisipasi resiko ketidakpastian bisnis kehutanan serta mampu merencanakan, menciptakan mengembangkan peluang usaha dibidang kehutanan
  • Mampu menyusun dan merancang kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan dengan tetap dan menjaga kelestarian hutan serta mampu merancang dan melaksanakan pengembangan SDM serta kelembagaan dibidang kehutanan
  • Mampu berpikir analitis dan sintesis untuk mengevaluasi dan memberikan solusi pengembangan pada sistem operasional dibidang kehutanan.

Secara ringkas standar kompetensi utama yang harus dicapai oleh lulusan Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Undana, meliputi tiga aspek yaitu: aspek kemampuan kerja dalam bidang kehutanan,aspekpenguasaan pengetahuan bidang kehutanan, dan aspek kemampuan manajerial.

Kompetensi pendukung yang harus dimiliki lulusan Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Undana, meliputi:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

Memiliki wawasan yang luas, terbuka, berpikir positip, kreatif, dan inovatif serta memiliki rasa optimisme yang tinggi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar.

Kompetensi pendukung lain yang harus dimiliki lulusan Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Undana, meliputi:

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kristis, sitematis dan inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  • Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannyadalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain ataukarya seni menyusun hasil kajiannya dalam bentukkertas kerja, spesifikasi desain atau esai seni dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas  dalam bentuk kertas kerja, spesifik desain atau esai seni dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervise dan evaluasi pada pekerjaannya.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama dalam maupun luar negeri.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja berada dibawah tanggungjawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawab tanggungjawab dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin keabsahan dan mencegah plagiasi.